Minggu, 14 Desember 2014

5 Aplikasi Untuk Wikipedia Offline

Dah lama gue gak update ini blog yaa.. sori, tapi ini dikarenakan guenya yang masuk penjara eh, asrama maksudnya. Mendownload Wikipedia? Emang  Bisa? Tapi ya gitulah kenyataannya, kita bisa mengunduh itu (semua dan dengan lengkap..). Dan satu lagi, aplikasi-aplikasi dibawah juga bisa untuk membuka produk wiki lainnya. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat wikipedia menjadi sesuatu yang offline, dan akan diulas secara tuntas disini, lengkap dengan plus minusnya, dari terbaik hingga yang ngga jelas.





1. Kiwix
Kiwix mempunyai kelebihan berupa simpel, sangat mudah digunakan dan memliki interface yang cukup baik. Gue udah download, dan gue yakin INILAH APLIKASI YG PALING BAGUS DIANTARA SEJENISNYA hehe.. Beberapa kelebihannya lagi ialah, updetan dumps -file databasenya- yang cukup sering namun gak keseringan (biasanya 3 bulan sekali) jadi nggak perlu repot-repot download berulang-ulang. Dan, aplikasi yang dumps-nya berformat .zim ini juga menyertakan gambar pada dumpsnya. Saran gue download dumpsnya 1 tahun sekali aja. Inilah kira-kira interfacenya.


Saat pertama kali masuk.


 Wikipedia Bahasa Indonesia.


Wikipedia Bahasa Inggris.


Satu hal yang harus diketahui, pada saat pertama memulai kalian harus mengindex dulu. Mungkin lama (apalagi wikipedia bahasa inggris) tapi ini gunanya untuk mencari suatu kata yang terkandung dalam suatu artikel. Kalau mau download, lihat di paling bawah.

2. Okawix

Ini rivalnya Kiwix, tapi menurut gue masih jauh lebih bagus Kiwix, dan Okawix masih kurang terkenal dibanding Kiwix. Kelebihannya kita bisa memilih mau mendownload seluruh artikel bersama gambarnya, atau hanya tulisannya saja. Berhubung masih jauh lebih bagus kiwix, jadi gue nggak sampai hati mengetesnya.. hehehe. Gue kurang tau dumpsnya berformat apa. Untuk downloadnya lihat kebawah.


Wikipedia Bahasa Galisia.


Salah Satu Artikel Okawix.


3. WikiTaxi

Wikitaxi ini kelebihannya ringan -ga sampe 2 Gb utk dumps wiki indonesia-, namun mempunyai kekurangan tanpa gambar untuk beberapa dumps (sepertinya semua sih). Udah gue tes untuk wiki bahasa indonesia dan hasilnya, tanpa gambar bro.. Dumpsnya berformat .bz2 . Untuk downoadnya lihat kebawah.


Saat pertama masuk.


Salah satu artikel Wikipedia Bahasa Indonesia.


Tiga dari aplikasi diatas adalah yang terbaik. Namun jika mau mencoba yang lain, nih ada beberapa.

4. Aard Dictionary 

Aplikasi wiki offline yang emang dkhususkan tanpa gambar -jadi lebih ringan dari wikitaxi..-

5. Daluang

Aplikasi wiki offline buatan anak negeri.. sebenarnya masih dalam pengembangan, tapi keuntungannya adalah, INI PUNYA INDONESIA!!

OKE HABIS SUDAH eh masih caps lock.. oke habis sudah perjumpaan kita kali ini. Berhubung gue ga ada waktu untuk pasang link dari setiap aplikasi itu, nih gue arahin aja ke halaman penjelasan dari sang wikipedianya, dimana kalian bisa download aplikasi dan dumps dari setiap aplikasinya --> http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Wikipedia_bahasa_Indonesia_versi_luring kapan-kapanlah gue pasang link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WOWW!!!

MENGAPA TIDAK LIKE AJA UNTUK MENDAPAT UPDETAN BLOG INI?