Kamis, 18 Desember 2014

18 Fakta Mengenai Greenland atau Tanah Hijau dan Fotonya




Apa yang kalian pkirkan tentang Greenland? Apakah tanah yang berwarna hijau, ataukah tumpukan es nan tebal? Greenland atau Tanah Hijau adalah sebuah pulau di lepas samudera Arktik yang dingin. Greenland kini adalah bagian dari negara Denmark. Greenland mempunyai fakta-fakta yang menarik. Apa saja itu? Langsung saja kita ke TKP.

1.Sejarah Greenland
Sejarah panjang Greenland bisa dirangkum sebagai berikut.

Abad ke-8 Masehi, orang-orang Inuit mulai mendiami Tanah Hijau.
981, Erik si Merah mendarat di Tanah Hijau dari Islandia.
987, para imigran asal Skandinavia mulai menetap.
1000, Leif Erikson menyebarkan agama Kristen.
1261, Tanah Hijau berada di bawah kekuasaan Norwegia.
1397, Tanah Hijau menjadi bagian dari Kerajaan Denmark.
1500–1600, koloni Viking menghilang.
1721, kolonisasi ulang oleh Kerajaan Denmark.
1951, pakta pertahanan bersama antara Denmark–Amerika Serikat tentang Tanah Hijau.
1953, Tanah Hijau mendapatkan otonomi terbatas dari Kerajaan Denmark.
1979, Tanah Hijau mendapatkan otonomi penuh dari Kerajaan Denmark.
1982, dengan berbekal referendum, Tanah Hijau memutuskan keluar dari Uni Eropa.
1985, Tanah Hijau keluar dari Uni Eropa.
2002, Partai pro-kemerdekaan, Siumut, meraih suara terbanyak dalam pemilu parlemen.
2005, Partai Inuit Brotherhood menyatakan keinginan mereka untuk mengadakan referendum guna menentukan masa depan (kemerdekaan) Tanah Hijau.

2.Nama Asli Greenland
Nama asli dan resmi dalam bahasa setempat adalah Kalaallit Nunaat.

3.Pulau Terbesar di dunia
Dengan luas 2.166.086 km Greenland menjadi pulau terluas didunia.

4.Hampir seluruhnya tertutup es
80% dari seluruh wilayah tertutup es yang di beberapa tempat ketebalannya mencapai 3 kilometer. Hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia.

5.Penduduk Greenland sekarang adalah campuran
Penduduk asli Tanah Hijau adalah orang Inuit atau Eskimo. Sementara ada pula orang Denmark dan campuran antara orang Inuit dan Denmark yang disebut sebagai orang Tanah Hijau. Penduduk Tanah Hijau berjumlah kira-kira 58.000 jiwa yang terdiri atas 80% orang Tanah Hijau, 14,5% orang Denmark, sedangkan sisanya dari suku bangsa yang lain.

6.Nama Lagu Kebangsaan yang unik
Menurut wikipedia, Greenland mempunyai 2 lagu yang sangat unik rada aneh gitu namanya, yaitu Nunarput Utoqqarsuanngoravit dan Nuna Asiilasooq.

7.Bahasa Greenland
Bahasa Kalaallisut adalah salah satu rumpun bahasa Eskimo Inuit. Bahasa ini menjadi bahasa resmi dan bahasa sehari-hari di kehidupan rakyat Greenland.

8.Agama di Greenland
Kebanyakan orang Greenland menjadi anggota Gereja Lutheran Injili. Ada juga komunitas kecil pemeluk Katolik Roma, Advent, Bahai, dan Saksi-Saksi Yehuwa.

9.Flora di Greenland
Rumput, heather, crowberry, tanaman berbunga rendah, dan rumpun kerdil birch tumbuh di daerah yang tanahnya tipis. Sebagian besar permukaan bebas es adalah batuan tandus yang ditutupi lumut. Ada sekitar 500 spesies tanaman liar. Tapi pohon hanya tumbuh di beberapa tempat di sepanjang pantai barat daya.

10.Fauna di Greenland
Hanya beberapa hewan liar yang dapat hidup di Greenland, antara lain rubah Arktik, serigala kutub, karibu, beruang kutub, musk ox, dan kelinci gunung. Mamalia laut meliputi anjing laut, paus, dan walrus. Ikan dan kerang meliputi cod, halibut, salmon, udang, kepiting, dan kerang. Ada juga populasi besar burung. Sekitar setengah dari burung-burung itu hanya ada di musim panas.

11.Sumber Daya yang dimiliki Greenland
Greenland memiliki banyak sumber daya alam, tetapi iklim dan es telah membuat sebagian besar sumber daya alam itu tidak dapat diakses. Mineral yang ada di Greenland antara lain seng, timah, bijih besi, batu bara, molibdenum, emas, platinum, dan uranium. Mineral tanah yang langka juga melimpah. Mineral ini digunakan dalam pembuatan banyak produk teknologi tinggi. Mineral Greenland akan menjadi lebih mudah diakses saat es terus mencair. Juga, banyak perusahaan minyak mengeksplorasi minyak dan gas alam di perairan dingin di lepas pantai Greenland.

12.Kota Besar di Greenland
Tidak ada kota-kota besar di Greenland, hanya beberapa lusin kota kecil dan permukiman. Di antara yang terbesar adalah Nuuk, Holsteinsborg (Sisimiut), JulianehÄb (Qaqortoq), dan Jakobshavn (Ilulissat).

13.Ibukota Greenland
Nuuk (atau Godthab), ibukota dan kota terbesar Greenland, memiliki populasi penduduk sekitar 14.000 jiwa. Legislatif, pengadilan, dan lembaga pemerintah Greenland lainnya terletak di sini. Universitas Greenland, Museum Greenland, dan Perpustakaan Nasional juga terletak di Nuuk. Nuuk,  berarti “Titik,” terletak di fjord bebas es di barat daya Greenland. Ini adalah pusat perikanan dan pengolahan ikan yang penting. Nuuk memiliki pelabuhan, bandara, pusat telekomunikasi, dan rumah sakit modern. Kota kecil ini didirikan pada tahun 1721 oleh Hans Egede, seorang misionaris Lutheran.

14.Pemerintahan Greenland
Greenland adalah bagian dari Kerajaan Denmark, yang bertanggung jawab untuk kebijakan luar negeri dan pertahanan Greenland. Tapi karena terbentuknya pemerintahan sendiri pada tahun 1979, Pemerintah Dalam Negeri Greenland bertanggung jawab untuk semua urusan internal, meliputi keuangan, perdagangan, pendidikan, perumahan, kesehatan, dan lingkungan. Pemerintah Dalam Negeri Greenland terdiri atas 31 anggota Landsting (parlemen) dan tujuh anggota Landsstyre (eksekutif). Landsting dipilih oleh rakyat, yang pada giliranya memilih Landsstyre. Greenland diwakili oleh dua anggota di parlemen Denmark. Pengadilan tinggi Greenland disebut Landsret.

15.Iklim di Greenland yang betul-betul dingin
Musim panas di Greenland pendek dan dingin, sedang musim dinginnya sangat dingin. Suhu musim panas rata-rata sekitar 10 °C di selatan dan 5 °C di utara. Di musim dingin, suhu turun sampai -8 °C di selatan dan -20 °C di utara. Curah hujan tahunan berkisar dari 760 milimeter di selatan sampai 125 milimeter di utara.

16.Pendidikan Greenland
Sekolah umum di Greenland dibiayai oleh pemerintah, dan pendidikan di semua jenjang gratis. Anak-anak antara usia 6 dan 15 tahun diwajibkan mengikuti sekolah dasar. Banyak dari mereka yang melanjutkan ke salah satu dari tiga sekolah menengah di pulau itu. Pendidikan tinggi ada di University of Greenland di Nuuk atau di sebuah universitas di Denmark.

17.Tidak ada Jalan Raya di Greenland
Tidak ada jalan raya atau jalur kereta api yang menghubungkan kota-kota kecil dan permukiman Greenland. Semua kegiatan pariwisata dilakukan dengan pesawat atau kapal, dan di Greenland Utara dan Timur, menggunakan dogsled atau kereta anjing. Scandinavian Airlines System (SAS), Iceland Air, dan Greenland Air melayani penerbangan ke Greenland dari Denmark, Kanada, dan Islandia.

18.Tradisi dan Budaya Greenland
Musik, lagu, teater, dongeng, dan tari telah lama menjadi elemen sentral dalam budaya tradisional Inuit. Musik Inuit sering melibatkan bernyanyi disertai dengan drum. Tradisi yang paling dikenal adalah “duel lagu,” di mana dua pria mencari resolusi konflik di antara mereka. Setelah pengenalan agama Kristen di awal 1700-an, para misionaris melarang tradisi-tradisi Inuit. Tapi hari ini, unsur-unsur budaya Inuit lama kembali memainkan peran penting.

Oke itulah 18 fakta menarik mengenai Tanah Hijau. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya! Berikut adalah foto-foto kehidupan di Greenland.







17 komentar:

  1. Saya pernah tinggal di Nuuk, Greenland selama 3 tahun lebih. Sebagai orang Indonesia satu satunya disana, menjadi tantangan sendiri. :)

    http://dewinielsen.com/?p=1730

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau ke eropa arahnya ke mana?timur atau barat

      Hapus
    2. Kalau mau ke eropa arahnya ke mana?timur atau barat

      Hapus
    3. Gmana kesan tinggal di greenland

      Hapus
  2. Saya pernah tinggal di Nuuk, Greenland selama 3 tahun lebih. Sebagai orang Indonesia satu satunya disana, menjadi tantangan sendiri. :)

    http://dewinielsen.com/?p=1730

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana dengan keadaan suhu disana, apakah Anda bisa langsung ber adaptasi ?

      Hapus
    2. iya seperti apa sis tantangan tersendiri tinggal di sana selam 3 tahun.. kalau boleh minta sharing cerita'a sis.. saya mau tau banyak tentang bagaimana amankah untuk kita tinggal di sana ..? amankah untuk kebebasan disana,, macam ada parade gay.lesbi di publikasikan dan diperbolehkan telanjang di tempat tempat umum :( itu sangant bertentangan sekali dengan adat timur kita dari indonesia :(

      Hapus
    3. Retard lu, Gay. Malu gw mah

      Hapus
    4. Masak kita nain kebarat memakai adat timur kan gak lucu sis

      Hapus
    5. Oh ya? Apa aja ya yg perlu disiapkan selama tinggal disana? Kesan nya juga dong

      Hapus
  3. Erik si Merah adalah seorang penjelajah sekaligus penakluk bangsa viking

    BalasHapus
  4. Cool and its very cold at midnight..

    BalasHapus
  5. Saya kepengen tahu wajah penduduk sana....

    BalasHapus
  6. Sukur saya pernah mengijakan kaki disini.....

    BalasHapus
  7. Syukur juga saya tak pernah kesana di indonesia aja

    BalasHapus

WOWW!!!

MENGAPA TIDAK LIKE AJA UNTUK MENDAPAT UPDETAN BLOG INI?