Jumat, 12 Agustus 2016

PPAB HIMATEK 2016 Hari ke-1

Namezene terbaik bangsa penulis yang dibuat dengan hati.

AAH akhirnya ngeblog lagi.. udah lama ane ga ngeblog nih gara-gara kesibukan SMA dan akhir-akhir ini.. kuliah. Mumpung saya mulai masuk ke awal kehidupan himpunan mahasiswa a.k.a kaderisasi alias ospek jurusan, bolehlah ya ane menceritakan a piece of my life and a bit reason why not updet again in blog. Dan kebetulan banget ini, lumayan lah bisa nambah pengujung nambah viewer juga ya meski tujuan postingan sekarang udah jauh melenceng dari tujuan asli blog ini yang katanya dulu mau mendapatkan 'iklan' wkwkwkw.. karena seiring dengan berjalannya waktu saya mempelajari bahwa berbagi lebih baik dari apapun karena uang itu sebenarnya bukanlah segalanya eaeaea sok begok eh bijak.

Buat yang belum tahu PPAB itu apa.. PPAB itu adalah langkah awal pengkaderan mahasiswa teknik kimia ITB oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK) ITB sebagai ajang kode2an si doi eh  langkah awal agar segera mendapat jaket himpunan  eeeh bukan2 maksudnya agar mahasiswa baru jurusan mendapat kederisasi awal dan penjelasan mengenai jurusan yang nanti akan dijamahinya nah itu hehe. Nah kemaren (bukan kemaren sih ini karena telat ngepos aja wkw) saya telah mencoba merasakan awal dari kaderisasi ini. Jangan disamakan dengan ospek2 jahiliyah dahulu kala, disini ospeknya sangat berbeda dan sangat menaikkan pengetahuan dan nilai diri mahasiswa jurusan baru itu sendiri. Kami biasanya menyebutnya hari kaderisasi bermanfaat ini dengan 'interaksi' agar lebih pendek aja mungkin ya. Rangkaian acaranya pun diisi dengan serangkaian acara yang melibatkan dosen-dosen disini.

Pertama kali kami dikumpukkan terlebih dahulu di selasar kopitopi, yang tempatnya diantara labtek 10 dan 11 ITB (saya disini skip karena telat wkw), lalu kami dimobilisasi ke lapangan lab pilot. Setelah itu kami dimobilisasi lagi ke X-239 salah satu ruangan di labtek X ITB untuk mendapatkan seminar yang diisi oleh salah satu dosen teknik kimia ITB. Seminar yang kemi dapatkan berisi tentang bagaimana strukrur kurikulum dan serba-serbi jurusan saya oleh mereka. Seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab. Seminar ditutup dengan pembagian struktur kurikulum final jurusan saya, yang akan diisi untuk KRS (Kartu Rencana Studi) nanti.

Lalu setelah itu kami dimobilisasi keluar Labtek X menuju tempat mentoring saya di selasar oktagon. Mentoring dipimpin oleh kaka-kaka HIMATEK yang baik hati yang memberi tahu apa-apa saja jenis mata kuliah di jurusan kami yang wajib diambil dan sebagai mata kuliah pilihan, bagaimana cara mengisi KRS yang benar dan bijak, sharing-sharing pengalaman di jurusan baik kehidupannya maupun sifat umum beberapa dosennya yang terkadang sangat disiplin waktu (baca:telat dikit usir), dan tentu saja yang paling ditunggu-tunggu, pengetahuan dasar paket A, yaitu Paket-A-logy, ilmu yang mempelajari dosen-dosen mana yang bisa paket A, heheheh.

Lalu rangkaian acara dilanjutkan dengan ishoma di mesjid BATAN. Setelah itu, kami dimobilisasi ke ruangan X-239 lagi untuk mendapatkan seminar, namun kali ini dari salah satu mantan ketua Himatek, kak Rhesa. Banyak pelajaran yang dapat saya dan kami sebagai mahasiswa jurusan ambil disini.

Terakhir, kami dimobilisasi lagi ke lapangan lab pilot dan berlari keliling setengah ITB sambil membakar ITB dengan lagu angkatan kami masih kurang hapal sih. Setelah itu kami diberi tugas untuk esok hari, dan dibubarkan secara sporadis.

Dari sisi baik hati penulis, penulis merasakan kebermanfaatan yang tinggi pada interaksi PPAB pertama ini. Rangkaian acaranya sangat mendidik. Meskipun tugasnya banyak Penulis merasa sangat bersyukur untuk hadir pada interaksi pertama ini. Semoga hari-hari interaksi berikutnya akan semakin baik. Karena penulis masih banyak sekali PR, penulis ingin langsung undur diri dulu, akhir kata penulis memohon maaf atas segala kesalahan dan segala typo hehe. 

Alvin Rachmat
Mahasiswa Teknik Bioenergi dan Kemurgi ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WOWW!!!

MENGAPA TIDAK LIKE AJA UNTUK MENDAPAT UPDETAN BLOG INI?