Selasa, 23 Desember 2014

12 Fakta Menarik Panama dan Terusannya

Panama, siapa yang tak tahu tentang terusannya. Terusan Panama, merupakan terusan sepanjang 82 km yang menghubungkan Samudera Pasifik dan Atlantik. Selain Terusan Panama, negara ini juga mempunyai fakta menarik lainnya. Berikut fakta menarik tentang Panama.



1.Terusan Panama Tak Semudah yang Dipikirkan
Terusan Panama mengandalkan sejumlah pintu air dan beberapa danau buatan. Dari Teluk Limon di Samudera Atlantik, kapal memasuki pintu air Gatun Locks yang mengangkat kapal setinggi 26 meterdari permukaan laut. Sejumlah lokomotif listrik kecil menuntun atau mendorong kapal melintasi pintu-pintu air tersebut. Kapal kecil mematikan mesin dan didorong, sedang kapal besar dituntun tapi tetap bergerak dengan kekuatan sendiri. Pintu air raksasa dari baja dibelakang kapal ditutup dan pintu air di depannya dibuka untuk mengalirkan air pelan-pelan dari Danau Gatun. Ada tiga pintu air yang harus dilewati, yang akhirnya menaikkan kapal sampai sejajar dengan permukaan danau.

Kapal kemudian melepaskan diri dari lokomotif listrik dan berlayar melintasi danau buatan itu sejauh 22 mil atau 35 kilometer. Danau buatan ini semula adalah lembah Sungai Chagres yang dibendung dengan membangun dam raksasa Gatun. Sesampai di ujung tenggara Danau Gatun kapal memasuki Lintasan Gaillard (gill-yard) yang panjangnya 13 kilometer, lebar 150 meter dan kedalaman minimum 13 meter. Di ujung lintasan Gaillard kapal kembali memasuki pintu air yang juga dilengkapi lokomotif-lokomotif pendorong. Pintu air pertama Pedro Miguel Locks menurunkan kapal 9 meter ke permukaan danau Miraflores. Dari sini kapal kemudian berlayar melintasi danau Miraflores sejauh 2 setengah kilometer ke pintu air Miraflores atau Miraflores Locks. Disini dua pintu air menurunkan kapal sampai sejajar dengan permukaan Samudera Pasifik. Dan dari sini kapal berlayar memasuki Teluk Panama dan kemudian keluar ke Samudera Pasifik.

Diukur dari Teluk Limon di Samudera Atlantik ke Teluk Panama di Samudera Pasifik terusan ini memiliki panjang sekitar 82 kilometer dengan lama pelayaran sekitar 8 jam. Rata-rata ada 12.000 kapal melintasi terusan ini setiap tahun, atau sekitar 33 kapal sehari. Tetapi karena sempit,terusan ini tidak dapat dilewati kapal induk dan kapal tangki raksasa.

2.Tahukah Berapa Biaya Untuk Sekali Lewat Terusan?
Otoritas Terusan Panama menetapkan tarif untuk melintas Terusan Panama berdasarkan jenis kapal, ukuran, dan kargo apa yang dimuat dalam kapal. Tahun 2007, Otoritas telah menetapkan tarif terbarunya dan kapal Disney Cruise Line asal AS pada tahun 2008 mencatat rekor sebagai pembayar tarif termahal yaitu sejumlah USD 331.200.(2.9 Milyar Rupiah)

3.Dan Tahukah Berapa Jarak yang Dihemat Kapal?
Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan Amerika Selatan. Sebagai contoh, jika sebuah kapal laut berlayar dari New York (Pantai Timur AS) menuju ke San Francisco (Pantai Barat AS) dan tidak melalui terusan ini maka jarak perjalanannya menjadi 22.500 km (14.000 mil), sedangkan jika memanfaatkan terusan maka jaraknya hanya menjadi 9.500 km (6.000 mil) saja!

4.Darien-Gap, Hutan Pemutus Jalur Pan-Amerika
Darien Gap, hamparan hutan hujan yang hampir tak bisa ditembus antara Panama dan Kolombia, adalah satu-satunya tempat di Amerika Utara di mana Pan-American Highway atau jalan raya Pan-Amerika terputus. Darien Gap terkenal sebagai tempat gerilyawan, perdagangan narkoba ilegal, pegunungan, rawa berbahaya, dan binatang liar. Oleh karena itu, perjalanan antara Panama dan Amerika Selatan harus melalui udara atau menggunakan kapal melalui kepulauan Kuna Yala.

5.Danau Gatun, Danau Buatan Terbesar pada Masanya
Danau Gatun adalah danau buatan yang dibuat untuk membantu lalu lintas yang rumit di Terusan Panama. Pada masanya Danau ini merupakan danau buatan terbesar didunia.

6.Dulu Gerakan Pemberontakan, Sekarang Negara Berpengaruh
Sebelumnya, yang menangani proyek Terusan Panama ini adalah Prancis dan telah dimulai pada 1 Januari1880 . Namun akhirnya proyek ini terbengkalai dan malah menciptakan wabah penyakit unuk buruh pembuatnya.

Melihat kondisi ini, pemerintah Perancis pada tahun 1893 memutuskan menghentikan sementara proyek ini. Selanjutnya padatahun 1898, Perancis melobi Amerika Serikat (AS) untuk meneruskanproyeknya. Tahun 1902, Senat AS menyetujui pengambilalihan proyek ini.Tahun 1904, presiden AS masa itu, Theodore Roosevelt, memutuskanmembeli sisa-sisa peralatan proyek dari Perancis dan meneruskanpembangunan terusan. Namun, hal ini dilakukan AS setelah berhasilmemerdekakan Panama, yang sebelumnya merupakan bagian dari Kolombia, dan langsung mengakui kedaulatannya tepat setelah proklamasinya. Sebagai kompensasinya, Pemerintah Panama memberikan hak pengelolaan terusan kepada AS.

7.AS yang memiliki Terusan Panama Hingga Akhir 1999
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, hak pengelolaan Terusan dimiliki oleh AS sebagai ganti dari kemerdekaannya. Setelah Perang Dunia II, rakyat Panama mulai menuntut hak pengelolaan dan selain itu memprotes kehadiran militer AS yang semakin hari semakin bertambah banyak. Akhirnya pada 7 September 1977, Presiden AS, JimmyCarter dan Presiden Panama, Omar Torrijos menandatangani sebuahkesepakatan yang mengizinkan Panama mengelola sendiri terusan itu namuntetap menjamin netralitas kawasan (Neutrality Treaty) dan AS diizinkanuntuk kembali kapan saja. Akan tetapi, kesepakatan ini dikecam olehsebagian besar rakyat AS. Selanjutnya, pada 31 Desember 1999,pengelolaan terusan diserahkan sepenuhnya ke Panama melalui OtoritasTerusan Panama/Panama Canal Authority (ACP).

8.Suku Mestizo Banyak disini
Seperti negara Amerika Latin lainnya, mayoritas etnis di Panama adalah Orang Mestizo yang merupakan campuran antara orang Spanyol dan Pribumi asli di Amerika. CIA world Factbook mencatat 70% Orang Mestizo di Panama pada 2010.

9.Melihat Matahari Terbit di Atlantik dan Tenggelam di Pasifik
Karena letaknya diantara dua samudera, kita bisa melihat matahari terbit dari Samudra Atlantik dan tenggelam sorenya di Pasifik.

10.Panama adalah Tanah Genting, Tapi Tahukah Tepatnya Lebarnya Berapa?
Negara ini hanya memiliki lebar 80 km pada titik tersempitnya, sedikit lebih kecil dari panjang Terusan Panama yang panjangnya 82 km.

11.Dari Pembangunan Terusan Hingga Jalur Kereta Api selalu memakan Korban
Lebih dari 12.000 orang tewas selama pembangunan jalur kereta api Panama (Panama Railroad). Dibangun antara tahun 1850 dan 1855, Panama Railroad adalah jalur kereta api antar benua tertua di dunia.

12.40% Penduduknya tinggal di Ibukota
Karena sebagian besar negaranya yang masih hijau, 40% penduduknya memadati ibukotanya, yaitu Panama City.


Itulah Dua Belas Fakta Tentang Panama dan Terusan Panama. Berikut adalah foto-foto negara Panama dan beberapa foto tentang terusannya.

Skema Pintu Terusan Panama







Darien Gap, Hutan Pemutus Pan Amerika




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WOWW!!!

MENGAPA TIDAK LIKE AJA UNTUK MENDAPAT UPDETAN BLOG INI?