Sabtu, 13 Agustus 2016

PPAB HIMATEK 2016 Hari ke-3

Sekali lagi dibuat dengan hati.

Berjumpa lagi dengan mimin dalam waktu yang kurang dari 1 jam dari pos sebelumnya. Nampak seperti paksaan memang malam-malam gini bangun buat kelarin tugas ospek jurusan namun memang begitulah kenyataannya. Langsung saja tanpa menunggu basi. Ini adalah sebuah sekuel maka disarankan untuk membaca sekuel pertama dulu dan sekuel kedua terlebih dahulu agar mendapat kepuasan maksimal saat membacanya hehe.

Pada hari ketiga ini adalah hari berbahagia bagi penulis karena kali ini adalah pertama kalinya penulis tidak terlambat datang hehe. Pertama sekali, angkatan kami berkumpul dahulu di selasar TVST untuk langsung secara massal dimobilisasi oleh panitia ke lapangan pilot. Sesampainya di lapangan pilot, kami disambut oleh 'sang orator'nya. Setelah cek spek tambahan untuk tourlab lengkap, kami dimobilisasi ke dalam Labtek X untuk mengunjungi 15 lab yang ada di Labtek X ITB.

Pertama kali kalompok penulis mengunjungi Lab Instruksional Mikrobiologi yang berkode X-328. Lab ini seing digunakan oleh anak-anak subjur bioproses. Disini penulis diperlihatkan alat-alat sperti shaker incubator untuk mengaduk mikroba, water heater, incubator, safety cabinet untuk menginkubasi mikroba dengan UV agar steril (aga lupa2 juga sih heheh), organic-medium storage, autocat, fermentor, kompressor. Masing-masing memiliki kegunaannya sendiri-sendiri, tapi yang paling penulis suka itu fermentor yang dapat menghasilkan ragi dan alkohol. Disini juga terdapat beberapa penilitian yang pernah dilakukan seperti cara menghambat perkaratan laut dengan mikroba, merubah hemiselulosa menjadi alkohol, biosolubilisasi batubara dengan jamur.

Lanjut ke lab berikutnya yaitu Lab Teknologi Keramik berkode X-321. Disini alat-alatnya ada stirer, lemari penyimpan, furnish, ball mill, ayakan getar, lemari penyimpanan bahan berkonsentrasi tinggi, vicat dan cetakan. Namun yang paling penulis sukai ialah vicat, yaitu berupa duri yang ditusuk ke adonan semen tertentu dalam beberapa menit sekali, untuk mengetahui parameter-parameter tertentu dari adonan semen itu. Contoh penelitian disini seperti biopolimer dari abu biomassa dan kebermanfaatan limbah gelas untuk produksi semen.

Selanjutnya dua ruangan dikunjungi sekaligus, yaitu Lab Polimer dan Membran X-308 dan Lab Rekayasa Produk Industri Proses X-301. Alat-alat yang ada disini seperti sonofotokatalisis, dryer yang walaupun namanya sederhana tapi krusial fungsinya, dan IOR, menyerap air pada reservoi minyak melalu membran yang sewaktu-waktu dapat dibersihkan. Penelitian disini seperti sintesis semen form, yaitu memparameterkan setiap bahan pasir yang digunakan pada pembuatan adonan semen yang sudah kering, Disini penulis diajarkan bagaimana bertemu dosen pembimbing yang mempunyai/berkantor didalam lab (karena lab-lab disini beralarm jika pintunya dibuka kelamaan), yaitu dengan cara mengetok dulu pintu labnya.

Selanjutnya ada 11 lab lagi yang kami kunjungi, namun karena ini sudah malam mungkin penulis akan lanjutkan pada esok hari saja. Met bboq :)

Setelah selesai tourlabnya, kami ishoma bagi yang sholat, dan setelah itu dimobilisasi ke selasar kopitopi untuk bermain rangking satu yeay..dan fakta menariknya disini adalah 2 anggota kelompok penulis dari 3 finalis game ini berasal dari kelompok penulis yeay sebenarnya ga menarik sama sekali juga saya tau. Tapi kalo penulis mah sebenarnya sudah kalah dari stage awal wkw. Setelah mendapatkan pemenang, diadakan forum santai dari HIMATEK-nya yang intinya utnuk menuntaskan uneg-uneg dari mahasiswa yunior yang sedan menjalani PPAB ini. Sebagai penutup forum ini diberikanlah sebuah tugas yang membebani lagi hehe yang mendidik kami para peserta, yaitu membuat denah laboratorium pada Labtek X.

Oke selesai, karena penulis juga sudah pegel banget, langsung saja maka sekali lagi penulis mohon maaf karena banyak materi yang aga lupa hehe. Dan tidak usah menunggu lama lagi karena udah pegel banget kita tutup postiingan ini dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah karena tugasnya tinggal satu lagi yaitu Day-4 hehe. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya!

Alvin Rachmat
Mahasiswa T. Bioenergi dan Kemurgi ITB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WOWW!!!

MENGAPA TIDAK LIKE AJA UNTUK MENDAPAT UPDETAN BLOG INI?